Pages

Sabtu, 23 Februari 2013

Masjid Nabawi, Mahakarya Arsitektur Islam Modern

REPUBLIKA.CO.ID, Pilar-pilar bundar dan tegar ini dibuat dari beton berdiameter 64 cm, kemudian dilapisi marmer tebal berwarna putih susu.

Di bagian kakinya yang kokoh itulah dipasangi ventilasi untuk mengalirkan hawa dingin. Jarak antara satu pilar dengan yang lain adalah 6 meter dan 18 meter.


Tinggi dari lantai dasar sampai lengkungan lantai atas 5,6 m dan pada batas lengkungan itu dipajang lampu hias yang indah dan dikurung dalam sangkar berornamen lapis emas.


Basement dan parkir

Di bawah bangunan baru, terdapat basement seluas 73.500 meter persegi dan tinggi 4,5 meter yang digunakan untuk menempatkan pusat-pusat pengaturan elektronik, mekanik, sound system, serta AC. Untuk keperluan darurat apabila listrik padam, disiapkanlah delapan unit pembangkit listrik berskala 2,5 MW.

Luas halaman Masjid Nabawi yang dipersiapkan untuk dapat digunakan sebagai areal shalat adalah 206.000 meter persegi yang diperkirakan dapat menampung 400 ribu jamaah.


Halaman ini berlantai granit dan marmer putih yang didesain sedemikian rupa sehingga menampakkan bentuk seni arsitektur Islam. Di bawah lantai ini, terdapat konstruksi raksasa, terdiri atas dua lantai bawah tanah untuk parkir seluas 292 ribu meter persegi yang dapat menampung 4.500 mobil.


Untuk masuk atau keluar dari areal bawah tanah ini, disediakan jalur pejalan kaki dengan tiga sistem: tangga biasa, tangga jalan, dan lift. Untuk mobil (kendaraan), disediakan enam pintu yang langsung bertemu dengan jalan-jalan raya utama seputar Masjid Nabawi yang berakses langsung ke seluruh penjuru Kota Madinah.

0 komentar:

Posting Komentar